Rabu, 13 Januari 2010

Pulau Lombok





Bagi kamu yang sudah penat dengan segala keruwetan di ibukota, ingin mencari tempat berwisata selain pulau Bali, Lombok solusinya, pulau ini terletak di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa.


Pulau ini berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Dengan luas 4.725 km (sedikit lebih kecil daripada Bali). Dengan ibukota Mataram, pulau Lombok dikenal juga sebagai Bali 20 tahun yang lalu. Pulau Lombok banyak diminati oleh para wisatawan yang mencari kedamaian dan ketenangan saat berlibur.

Selain letak geografis yang berdekatan dengan pulau Bali, kedua pulau ini hanya berjarak 35km, keduanya mempunyai perbedaan fisik dan kebudayaan yang sangat signifikan. Keindahan yang bisa kamu dapat di pulau Lombok antara lain, kemegahan Gunung Rinjani, keindahan air terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep, pantai pasir putih dengan Air yang jernih dengan beraneka ragam coral dan budidaya Mutiaranya. Dengan kebudayaan Sasak yang unik serta keramahan penduduknya, pulau Lombok dapat dengan mudah menarik wisatawan dalam maupun luar negeri.

Tujuan wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di pulau ini adalah pantai Senggigi sebagai tempat penginapan yang letaknya strategis di pesisir pantai, Senggigi hanya terletak sekitar 15 menit dari bandara Selaparang lalu pantai Mangsit, Senggigi bagian utara. Tanjung A'an kebanyakan orang menyebut pantai kedua setelah Hawai. Di sini kamu bisa beristirahat sambil mandi-mandi dan menikmati indahnya perbukitan.

Pulau Lombok juga terkenal dengan Banyu Mulek" Pusat pembuatan Gerabah yang sangat terkenal. lalu juga ada Desa sukarare merupakan pusat tenun yang sangat terkenal dengan keindahan kain tenun yang dihasilkan dan terakhir Desa Adat Sasak, yang menurut cerita sudah ada sejak abad ke 14 dan merupakan cikal bakal suku Sasak.

3 komentar:

  1. Wuiiihh..
    Lombok emang keren banget!
    Baru aja pulang dari sana dan sempet mampir ke tempat-tempat yang disebutin di atas (keculai Gn. Rinjani). Satu komentarku tentang lombok:

    PENGEN KESANA LAGI!!
    ^_^

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Sekedar info kalau pengen tau lebih banyak tetang Lombok, www.inside-lombok.com

    BalasHapus